Mata Bintitan? — Tenang... Ikuti 3 Langkah Awal Agar Tak Bertambah Parah, Dishare ya...

Bintitan? 3 Langkah Awal Agar Tak Bertambah Parah!

Bintitan dapat muncul secara tiba-tiba, kemudian secara berangsur-angsur semakin memerah dan membengkak. Saat bintitan berukuran begitu besar, yang terganggu bukan hanya penglihatan, melainkan juga penampilan.
Bintitan dalam bahasa medis disebut hordeolum, adalah bentuk infeksi kelenjar penghasil minyak yang disebut kelenjar Zeis dan kelenjar Meibom. Kedua kelenjar ini terletak pada pinggiran kelopak mata.
Dengan memahami hal yang pertama dilakukan saat mulai bintitan, maka selain menghambat progresivitas bintitan kita juga dapat mempercepat penyembuhan. Dan inilah 3 langkah awal agar bintitan cepat mereda. 

Jagalah kebersihan sekitar wajah
Mengingat bahwa hordeolum adalah penyakit akibat infeksi kuman, maka menjaga kebersihan adalah hal yang utama. Saat terjadi bintitan, hindari terus menyentuh benjolan tersebut. Bersihkan wajah secara teratur, terutama setelah beraktivitas yang menyebabkan Anda terpapar debu dan kotoran. Cuci tangan Anda secara rutin, karena seringkali Anda dapat menyentuh benjolan secara tidak sadar.
Jangan ditekan
Hindari menekan atau sering menyentuh benjolan. Setelah terjadi infeksi, jaringan tubuh akan membentuk reaksi inflamasi (peradangan) sebagai bentuk pertahanan. Dengan menekan benjolan, atau tidak sengaja menyenggolnya saat mengucek mata maka Anda dapat memperparah peradangan.
Kompres air hangat
Untuk meredakan gejala peradangan Anda dapat melakukan kompres hangat pada area yang membengkak lebih kurang selama 10 menit, sebanyak empat kali sehari. Selain memberikan rasa nyaman pada Anda, kompres dapat membantu mengurangi pembengkakan. Pastikan alat kompres yang digunakan bersih.
via: sooperboy.com

Suka dengan ini?
|