10 Manfaat Kulit Telur yang Tidak Banyak Diketahui

Bila kamu penyuka telur, Kamu mungkin dalam seminggu itu sudah menghabiskan lebih dari 5 telur. Telur sudah menjadi salah satu sumber protein yang paling banyak di konsumsi orang. Jenis olahan telur yang bermacam-macam membuat telur sangat dikenal dan masuk dalam daftar menu wajib setiap rumah tangga.
10 Manfaat Kulit Telur Yang Tidak Di Ketahui

ketika kita akan memasak telur hal yang sering dilupakan adalah kulit telur. Biasanya ketika memecahkan telur tanpa berpikir panjang kita langsung membuang kulit telur ke tempat sampah. Dan ternyata kulit telur memiliki banyak manfaat yang bisa kita gunakan. 

Berikut Manfaat Kulit Telur Yang Tidak Di Ketahui :

1. Masker pengencang kulit wajah dari kulit telur

Cuci dan keringkan cangkang telur, lalu tumbuk halus menggunakan lesung atau alu  hingga menjadi bubuk. Campur kulit telur yang sudah ditumbuk dengan putih telur, lalu oleskan ke wajah dan tunggu hingga kering. Cuci bersih wajah kamu dan rasakan bedanya.

2. Membuat ampelas pembersih peralatan dapur dari kulit telur

Gunakan kulit telur yang telah dihancurkan (tapi tidak sampai menjadi bubuk) yang dicampur dengan air sabun untuk membersihkan bagian bawah panci dan wajan. Larutan ini dapat dipakai untuk membersihkan bagian dalam wadah dengan cara masukkan larutan kemudian kocok. Peralatan rumah tangga kamu akan bersih kembali. Dan tentu saja, larutan ini ramah lingkungan.

3. Cangkang telur untuk membersihkan saluran pembuangan

Kulit telur bisa dipakai untuk membersihkan saluran pembuangan di wastafel. Masukkan kulit telur yang telah diremukkan ke dalam pipa pembuangan air, kotoran yang menempel di dinding pipa akan mampu dibersihkan oleh kulit telur tersebut.

4. Kulit telur bisa berrmanfaat untuk membantu pertumbuhan benih

Isi cangkang telur kosong dengan tanah dan tanam benih yang kamu ingin tanam kedalamnya. Tempatkan cangkang berisi benih tersebut diatas karton tempat telur dan biarkan hingga bibit tanaman kamu tumbuh. Ketika cukup siap, pindahkan bibit ke tanah untuk pembesaran. Biarkan cangkang telur ditanam bersama bibit.

5. Kulit telur untuk mengurangi rasa pahit kopi

Jika kopi kamu terasa pahit, cukup tambahkan kulit telur yang bersih dan kering kedalam saringan kopi. Cangkang telur mengandung kalsium karbonat, senyawa yang mampu menetralisir keasaman kopi yang mengurangi rasa pahit dan asam dalam kopi.

6. Kulit telur mempercepat pengomposan

Kulit telur ternyata mampu mempercepat proses pembusukan kompos. Kalsium yang terkandung dalam kulit telur sangat dibutuhkan dalam pengomposan. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan ampas kopi dari poin 5 kedalam campuran pupuk alami tersebut.

7. Mengusir siput dan keong dari kebun dengan kulit telur

Taburi kulit telur yang telah dihaluskan ke kebun kamu untuk mencegah siput dan keong serta ulat pemakan batang menggerogoti tanaman. Perlu kamu ketahui ternyata rusa juga membenci bau kulit telur.

8. Cangkang telur untuk obat iritasi

Gunakan cuka apel untuk melarutkan kulit telur (proses ini memakan waktu hingga dua hari), kulit telur yang telah larut dalam cuka apel dapat dioleskan disekitar iritasi kulit untuk mempercepat proses penyembuhan.

9. Manfaat lapisan membran kulit telur

Membran atau lapisan tipis yang berada di bagian dalam cangkang telur ternyata memiliki banyak manfaat untuk pengobatan.
  1. Untuk mengobati bisul, letakkan membran kulit telur pada bisul. Dalam beberapa hari bisul akan sembuh .
  2. Membran kulit telur juga bisa digunakan untuk membersihkan komedo dan jerawat.
  3. Letakkan sisi basah membran pada luka kecil atau goresan dan biarkan kering. Ini akan mempercepat proses  penyembuhan dan meinimalkan bekas parut.
  4. Jika kulit di sisi kuku kamu tak sengaja terkelupas, tempelkan sisi basah membran kulit telur dan biarkan kering. Ini dapat menghentikan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

10. Ubah cangkang telur menjadi cetakan

Buat lubang kecil di dua ujung telur lalu tiup isi telur keluar dari cangkang. Cuci hingga bersih. Tutup lubang kecil bagian bawah cangkang dengan lakban lalu isi cangkang dengan coklat panas atau jelly dan agar-agar. Saat tamu kamu berkunjung, suguhkan telur tersebut, mereka akan mendapat kejutan saat mengupas telurnya.

via: unikgeli.blogspot.co.id

Suka dengan ini?
|