Dapat Ide Cemerlang di Kamar Kecil, Pertanda Bisikan Setan?


Sobat Nida, ide sebenarnya bisa kita dapat di mana saja dan kapan saja. Saat sedang menunggu kereta atau bus datang, bisa saja tiba-tiba terlintas ide topik tugas akhir. Nggak perlu bertapa terlebih dahulu ide bisa muncul begitu saja. Termasuk ketika sedang di kamar kecil.
Rasulullah SAW bercerita bahwa iblis meminta tempat tinggal kepada Allah ta'la seperti hal nya Allah memberikan tempat tinggal anak-anak Adam di bumi.

'Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal.' kata iblis.
Allah SWT berfirman, 'Tempat tinggalmu adalah di jamban (kamar kecil).' (HR. Bukhari).
Kamar kecil menjadi tempat tinggal yang disukai iblis dan setan. Maka disunahkan ketika masuk ke dalam kamar kecil untuk membaca doa dan memohon perlindungan Allah dari godaan setan baik setan laki-laki maupun perempuan.
Nah, Sob, kadang di kamar kecil yang tenang kita bisa tiba-tiba mendapatkan ide yang menurut kita cemerlang. Apakah ide cemerlang itu harus kita buang jauh-jauh karena bisa jadi itu bisikan setan, secara kita sedang berada di tempat yang dipenuhi oleh setan?
Di zaman Rasulullah SAW dulu, kamar kecil atau tempat buang hajat disebut dengan al khala' artinya tempat yang sepi dan terasing dari lalu lalang orang, semacam padang pasir atau daerah kosong yang tak berpenghuni jauh dari perumahan. Orang-orang biasanya buang hajat di malam hari agar tidak terlihat. Karena kondisinya sepi pantaslah bila setan sangat menyukai tempat seperti itu. Maka, ada doa khusus ketika datang ke al khala' yaitu 'Allahumma inni a'udzu bika minal khubutsi wal khabaits' (Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan).
Meskipun, sekarang ketika kita masuk ke kamar kecil tetap harus membaca doa tersebut. Bukan berarti kamar mandi sekarang yang terang, bersih, indah, dan wangi, tidak dihuni oleh setan, karena tetap saja yang dibuang ke kamar kecil adalah kotoran.
Mungkin karena kondisi kamar kecil sekarang yang relatif nyaman itu lah yang membuat banyak orang mendapat ide cemerlang saat sedang berada di dalamnya. Kamar kecil memang tempat yang banyak dihuni setan, tetapi ide yang muncul saat kita ada di kamar kecil nggak mesti selalu dari setan juga, Sob.
Maka, sebelum melaksanakan ide yang kita peroleh di kamar kecil, tetap saja kita harus memikirkannya terlebih dahulu sebelum merealisasikannya. Timbang-timbang baik dan buruknya atau manfaat dan kerugian yang ditimbulkan. Dari mana pun ide itu muncul tetap harus dipikirkan terlebih dahulu, dianalisa, dimusyawarahkan, sebelum akhirnya dilaksanakan.
Mau itu ide yang didapat saat sedang di kamar kecil atau bukan, kalau memang banyak kerugiannya dan banyak dosanya tentu nggak boleh dilaksanakan.
Allahu a'lam.
via: annida-online.com

Suka dengan ini?
|